Desain Gratis adalah satu derita Desainer Grafis

Sebagai profesional yang bekerja di bidang advertising, saya sering dihadapkan dengan kenyataan bahwa pekerjaan kreatif agensi periklanan diantaranya konsep, visualisasi, layout dan copywriting, sering ‘dianiaya’ oleh pihak klien untuk dihitung sebagai 1(satu) paket dan semua masuk dalam kategori ‘desain’. Pemangkasan nama tersebut biasanya juga diikuti pemangkasan harga jasa ‘desain’. Bahkan kalau bisa DESAIN GRATIS! (bukan desain grafis lho..)

Kenyataan ini tak hanya memprihatinkan kantong agensi, tapi juga menjadi beban mental bagi yang mengerjakan proyek tersebut. Biang keladi yang sering dijadikan alasan adalah budget.

OK, bila soal budget jadi alasan, apakah tidak bisa dihitung-hitung di awal dan memasukkan harga layanan kreatif tersebut dalam budget? Nyatanya yang sering terjadi SEBENARNYA bukan hal itu.

Yang terjadi adalah : Proses kreatif dan kreasi = TIDAK kelihatan = TIDAK dihargai.

Konsep, ide dan apapun namanya adalah hal yang tidak kelihatan. Tidak konkret. Ide ada di kepala dan otak, konsep bisa jadi hanya berupa coretan di kertas bekas. Namun apakah hal tersebut menjadi tidak layak dihargai?

Visualisasi memerlukan keterampilan pencarian gambar, yang melibatkan pencarian keyword, pemikiran lateral, pemikiran intuitif, penjelajahan imajinasi, pertimbangan rasa dan selera, serta pemahaman brand yang sedang dibuatkan desain kreatifnya.

Ketrampilan menggunakan program komputer grafis seperti Photoshop atau Ilustrator memang diperlukan, namun hal tersebut bukanlah yang satu-satunya ataupun yang terutama.

Proses kreatif memerlukan:

  1. Pemahaman subyek melalui brief
  2. Pencarian data dan referensi yang mendukung tujuan komunikasi
  3. Konsepsi atau pengidean
  4. Visualisasi dalam bentuk layout maupun copy
  5. Sentuhan artistik
  6. Waktu

Sebuah proses kreatif yang juga menjadi attitude kerja melibatkan pikiran, ketrampilan, intuisi dan rasa seni yang dikerjakan sesuai persona brand, rasional dan studi perilaku konsumen serta trend, dan selalu masih tersedia ruang untuk pengkajian dan perbaikan.

Kesemuanya itu dikerjakan dengan sepenuh hati, sepenuh pikiran, ada gairah dan semangat di dalamnya. Ada idealisme tersendiri yang membara untuk mencapai hasil yang terbaik, hingga brand Anda lebih menarik dibandingkan brand pesaing Anda. Apakah kesemuanya itu layak hanya dihitung GRATIS?

Jawabannya tentu TIDAK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *