Hati-hati, Pilih Media Sosial yang Tepat buat Iklan Anda

Pada akhir akhir ini media sosial mulai banyak dilirik oleh kalangan pe-bisnis untuk menjangkau konsumennya. Namun, memutuskan media sosial yang tepat dan efektif menjadi kendala yang sering terjadi bagi sebuah bisnis.

Jika mencoba semua kanal media sosial tentu cukup berat dan memerlukan usaha serta dana yang besar. Oleh karena itu memilih media sosial yang

tepat untuk melayani audiens target adalah hal yang sangat penting. Di situs-situs media sosial bisa terdapat perbedaan dalam hal demografi penggunanya.

Oleh karena itu, kita harus memahami media sosial mana yang tepat untuk bisnis kita. Berikut demografi serta penjelasan beberapa media sosial yang paling terkenal:

Facebook dan WA Group. Umumnya bagi para pemasar, keduanya merupakan prioritas teratas. Pengguna Facebookyang sudah mencapai lebih dari satu miliar di seluruh dunia tentu membuat para pemasar menggunakannya untuk menggapai konsumen hampir di seluruh industri. Lewat Facebook, pengguna bisa berbagi informasi, menanyakan kepada konsumen dan memperoleh respon secara langsung, atau berbagi konten yang dibuat di platform lain. Twitter juga tak terlalu jauh di belakang Facebook dengan pengguna yang mencapai 500 juta. Konsekuensinya, keduanya cenderung menjadi tempat yang tepat untuk memulai kampanye atau menguji pasar. WA Group cocok untuk dimanfaatkan sebagai media untuk menyiarkan sebuah acara langsung (kultwit) dan berhubungan dengan para pelaku, praktisi, dan ajang promo sebuah brand.

LinkedIn. Jika kita ingin mengembangkan bisnis dan mendapatkan peluang jaringan B2B,LinkedIn adalah cara yang efektif untuk mendapatkan itu. Tak seperti situs media sosial lain yang sifatnya lebih kasual, LinkedIn didesain untuk profesional berpendidikan yang ingin meningkatkan karirnya. Berbeda dengan media sosial lain, usia pengguna LinkedIn relatif lebih tua yaitu berumur antara 25 hingga 64 tahun. Jika kita ingin berhubungan denganaudiens yang umumnya pebisnis profesional, LinkedIn adalah tempat yang tepat.

Pinterest. Situs media sosial yang satu ini benar-benar mendapatkan banyak momentum dalam beberapa tahun ini. Konsep Pinterest sangatlah sederhana dengan melibatkan aktivitas “pinning” gambar pada board. Kesederhanaan itu dikombinasikan dengan estetika menarik yang membuat Pinterestsukses seperti sekarang.Tumblr. Banyak bisnis yang sudah pernah mendengar nama Tumblr, tapi tidak tahu pasti apakah media sosial ini cocok dengan kampanye pemasaran mereka. Tumblr merupakan situs microblogging yang memungkinkan pengguna berbagi macam-macam konten termasuk teks, gambar, audio, dan link Interface yang mudah digunakan menjadi salah satu kesuksesan Tumblr. Aspek mencolok dari situs ini adalah audiens mudanya. Jika bisnis Anda menargetkan konsumen yang berumur antara 13 hingga 25 tahun, maka Tumblrharus menjadi pertimbangan. Yang menarik, kelompok orang-orang muda kini lebih banyak menggunakan Tumblrdaripada Facebook. Jadi, media sosial mana yang cocok untuk bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Monggo, silahkan ada yang bisa saya bantu ?
Powered by